Unit Pelayanan PUSPPA Suryakanti Bandung

Posted in Uncategorised

Unit pelayanan ini merupakan unit dan kegiatan utama PUSPPA Suryakanti Bandung dan bertujuan mengimplementasi visi dan misi Yayasan. Pada saat pendirian YSK, kegiatan ini lebih ditujuan pada promosi dan pelayanan klinik khususnyadeteksi dini dan gangguan perkembangan, karena saat itu pengalaman dalam intervensi dini masih kurang. Berkat bantuan dari berbagai pihaktermasuk tenaga ahli dari luar negri dalam waktu 28 tahun telah berkembang dengan memberikan pelayanan dan intervensi mencakup beraneka ragam yang dikelola oleh 5 dokter umum, 5 psikolog anak, 5 Fisioterapis, 4 Okupasiterapis, 3 Terapi Wicara, 2 Paedagogi dan 2 tenaga pekerja sosial.

Unit pelayanan utama PUSPPA dipimpin oleh dr. Yulia Suherlina sebagai Direktur Medis dan Ibu Shinta sebagai Manager Administrasi dan SDM, sedangkan pelayanannya mencakup dua divisi yaitu :

Pelayanan Klinik, menangani anak usia dini dengan gangguan perkembangan ringan dan berat yang datang sendiri ataupun dirujuk dari berbagai tempat dan daerah di Indonesia. Kegaiatannya meliputi penilaian perkembanagn, menegakan diagnosa, melaksanakan intervensi melalui fisioterapi, okupasiterapi, paedagogi dan terapi wicara. Jumlah tenaga profesi terdiri dari 5 dokter umum, 5 psikolog anak, 5 Fisioterapis, 4 Okupasiterapis, 3 Terapi Wicara, 2 Paedagogi dan 2 tenaga pekerja sosial.Pelayanan Pendidikan, Kegiatan pelayanan pendidikan memberikan pendidikan luar biasa untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Berbagai cara pelayanan diterapkan disini, mengingat bahwa hampir tidak ada anak dengan gangguan perkembangan hanya pada satu aspek perkembangan saha. Gangguan perkembangan bisa didapat pada bidang :

  1. Gerakan Kasar
  2. Gerakan Halus
  3. Bicara dan Komunikasi
  4. Kognisi dan Intelegensia
  5. Sosial dan emosional