Biomedika

Posted in Pelayanan

biomedika

Biomedika yaitu suatu layanan dalam perancangan & pembuatan alat bantu rehabilitasi bagi anak-anak yang mengalami kesulitan bergerak dan melakukan aktifitas sehari-hari. Kegiatan ini diselenggarakan oleh sebuah tim Biomedika YSK dengan koordinator seorang ahli Biomedika,   Lydia Kidarsa ST., MSc., MA(RCA) DIC.

Pembuatan alat-alat bantu tersebut menggunakan pendekatan disiplin ilmu Instrumentasi Kedokteran,teknik Biomedika, serta Teknik Desain Industri dengan menitik beratkan pada kebutuhan anak sebagai penggunanya.

Apa Tujuannya ?
Tujuan pembuatan alat bantu rehabilitasi selain untuk membantu anak beraktifitas seperti bergerak dan bermain dengan baik, juga untuk meraih kesempatan meningkatkan kemampuan mejelajahi dunia sekitar serta berpartisipasi dalam aktifitas sosial budaya sehingga dapat menerima pengalaman penting terhadap perkembangannya seperti anak lain.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dengan alat bantu ?
Kegiatan yang bisa dibantu adalah tergantung pada kondisi anak yang membutuhkan.
Dengan alat bantu anak diharapkan dapat melakukan:
Duduk dengan posisi badan yang baik untuk bermain
Berkeliling dengan bantuan kursi roda yang didorong
Posisi berdiri
Berjalan
Mengayuh kursi roda ke tempat yang ingin dituju anak
Dan lain-lain

Sekarang ini Klinik SUryakanti telah bekerjasama dengan UCP Roda untuk kemanusiaan Jogjakarta, untuk penyaluran kursi roda bagi anak-anak yang terkena Cerebral Palsy (CP) di Jawa Barat.