F.A.Q

Suryakanti adalah yayasan nirlaba yang berfokus pada deteksi dini tumbuh kembang anak, untuk mengoptimalkan potensi perkembangan anak.

Suryakanti memiliki tiga unit pelayanan, yaitu klinik perkembangan, sekolah luar biasa, dan DIKLAT (Pendidikan & Pelatihan).

 Anak yang kami tangani berkisar antara usia 0 – 8 tahun (usia mental).

Kami melayani anak-anak dengan gangguan seperti sindroma Down, Cerebral Palsy, Retardasi Mental, Autisme, ADD/ADHD, dan gangguan tumbuh kembang lainnya.

Untuk pasien dari keluarga kurang mampu, program Orang Tua Asuh kami dapat membantu meringankan biaya berobat di Suryakanti.

Pertama-tama, silakan melakukan pendaftaran dengan menghubungi nomor telepon +62-22-7232369 untuk mendapatkan jadwal tes perkembangan atau psikotes. Berikutnya, sesuai dengan jadwal yang disepakati, silahkan datang ke Klinik Suryakanti di Jl. Terusan Cimuncang no. 9 Bandung. Anda akan diminta untuk melengkapi pendaftaran dan melakukan pemeriksaan awal (tes perkembangan dan/atau psikotes) yang dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh dokter tumbuh kembang anak. Selanjutnya, sesuai hasil pemeriksaan dokter Anda akan mendapatkan rekomendasi terapi yang diperlukan beserta jadwalnya.

Ya. Semua pasien diharuskan melakukan tes pemeriksaan awal di Suryakanti dengan tujuan untuk dapat mengetahui sejauh mana perkembangan anak dan terapi apa yang harus diberikan. Pada saat berkonsultasi silakan informasikan tentang terapi yang pernah diikuti di tempat lain.

Terapi umumnya dilakukan selama 12 kali pertemuan, setiap dua minggu sekali atau sesuai anjuran dokter tumbuh kembang. Hasilnya kemudian akan dievaluasi untuk memantau perkembangan anak.

Terapi dilakukan dengan tujuan mengoptimalkan perkembangan anak pada aspek-aspek seperti gerakan kasar, gerakan halus, bicara, pengertian bahasa, dan sosialisasi, sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.

Peran orang tua dalam terapi anak sangat penting. Kami meminta orang tua ikut mendampingi anak ketika datang terapi, agar orang tua dapat mengetahui perkembangan anak selama terapi dan mendapatkan masukan dari terapis tentang “PR” stimulasi yang harus dilakukan orang tua di rumah untuk mengoptimalkan perkembangan anak.

Kami menyediakan wisma sederhana untuk tempat menginap keluarga pasien dari luar kota. Silakan hubungi resepsionis untuk informasi mengenai pemesanan, biaya, dan pertanyaan lainnya terkait wisma.

Pembatalan terapi bisa dilakukan minimal 1 (satu) hari sebelum jadwal terapi. Silakan hubungi customer service melalui telepon  +62-22-7232369 untuk melakukan pembatalan terapi, dengan catatan hanya dilakukan dikarenakan anak sakit atau keperluan penting yang mendesak.

Kami menyediakan sekolah luar biasa yang menerima anak berkebutuhan khusus. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi bagian administrasi SLB PUSPPA Suryakanti melalui telepon +62-22-7278238. Sebelum mendaftar, calon siswa umumnya diminta hadir ke sekolah agar dapat diobservasi terlebih dahulu. 

Terimakasih atas ketertarikan Anda untuk menjadi donatur Orang Tua Asuh. Untuk berdonasi silakan lakukan transfer ke:

Bank BNI Cabang Perguruan Tinggi Bandung

No Rek: 084 2222 506

a.n: Yayasan Surya Kanti

Setelah melakukan transfer, Anda dapat melakukan konfirmasi melalui halaman ini

Ya, kami mempunyai unit DIKLAT yang bergerak di bidang pelatihan untuk tenaga kesehatan, dokter, dan kader. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan, silahkan kirim email ke info@suryakanti.or.id atau gunakan halaman kontak di sini dengan mencantumkan subjek DIKLAT/TRAINING.

Untuk permohonan studi banding, silakan kirimkan surat resmi permohonan izin studi banding dengan kepala surat dan stempel lembaga pemohon melalui email ke info@suryakanti.or.id. Mohon cantumkan juga informasi yang relevan, seperti tujuan, waktu kunjungan yang direncanakan, jumlah peserta, dan informasi kontak narahubung. Setelah permohonan ditelaah dan disetujui oleh pihak yayasan, kami akan menghubungi Anda untuk mengatur rincian jadwal kegiatan studi banding tersebut.

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian