SLB PUSPPA Suryakanti

Semua anak adalah istimewa.
Suryakanti membantu mereka untuk berkembang optimal.

Profil

Berawal dari kelompok bermain pada tahun 1996, unit pendidikan luar biasa diperluas hingga tingkat setara sekolah dasar atas permintaan orangtua murid. Pendidikan di SLB PUSPPA Suryakanti adalah bagian tak terpisahkan dari terapi.

Per tahun, SLB PUSPPA Suryakanti menerima 25-30 murid berusia 7-12 tahun (usia mental) dengan gangguan perkembangan antara lain autisme, retardasi mental, sindroma down, dan cerebral palsy. Salah satu metoda pendidikan yang diterapkan adalah pendekatan Montessori untuk anak berkebutuhan khusus, yang menekankan pada keterampilan hidup (life skill) untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan memecahkan masalah (problem solving).

Kegiatan dan Fasilitas

Pada saat pendaftaran, setiap anak diperiksa oleh tim multidisiplin (dokter, terapis, psikolog, dan guru, dengan melibatkan orangtua) untuk menilai kebutuhan khususnya, sebagai dasar untuk menyesuaikan program bagi tiap individu.

Kurikulum yang digunakan berbasis kurikulum nasional, namun dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anak. Selain itu diselenggarakan juga ekstra kurikuler kesenian untuk menyalurkan ekspresi dan meningkatkan kepercayaan diri murid. SLB PUSPPA Suryakanti juga bekerja sama dengan Pengurus Daerah SOINA (Special Olympics Indonesia) Kota Bandung untuk menyalurkan bakat olahraga para murid.

SLB PUSPPA Suryakanti didukung oleh fasilitas ruangan kelas yang nyaman, tempat bermain dalam dan luar ruangan, dan berbagai alat permainan edukatif.

Tim

Tenaga pendidik SLB PUSPPA Suryakanti memiliki latar belakang keilmuan ortopedagogik, serta dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang perkembangan anak.
Arif Ridwan Rauf, S.Pd
Guru
Abdul Ghofur, S.Pd
Guru
Ckasinta Winda Syalehah, S.Pd
Guru
Susanti, S.Pd
Guru
Amelia Wahyuni, S.Pd
Guru
Sri Sumiaty, M.Pd
Guru
Mamah Suryamah, S.Pd
Guru
Dr. Sukirno, M.M.Pd
Kepala Sekolah

Prestasi

  • Siswa Ragil Silika Wati - meraih medali emas untuk cabang renang 50 m gaya dada dan juara II renang jarak 50m gaya bebas di ajang Pekan Olah Raga Nasional (PORNAS) SOINA 2014 di Makassar.
  • Siswa Bery - Juara I lomba baca Al Quran di UNINUS, Bandung, 2018

Informasi Registrasi

Untuk informasi seputar layanan pendidikan di PUSPPA Suryakanti, silakan isi form pra-registrasi di bawah ini. Staf kami akan menghubungi Anda melalui email atau telepon. Untuk pertanyaan, silakan baca terlebih dahulu halaman FAQ di sini.
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian